EFEKTIVITAS MENGAJAR GURU MELALUI METODE CARD SHORT PADA MATERI SUJUD SAHWI, SUJUD SYUKUR DAN SUJUD TILAWAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 1 ANGKONA KABUPATEN LUWU TIMUR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana gambaran respon peserta didik dalam proses pembelajaran melalui penerapan Model Card Sort dalam materi Sujud Sahwi, Sujud Syukur dan Sujud Tilawah pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Angkona Kab. Luwu Timur dan bagaiman gambaran kesesuaian rancangan dengan pelaksanaan proses pembelajaran guru dalam materi Sujud Sahwi, Sujud Syukur dan Sujud Tilawah pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Angkona Kab. Luwu Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan peserta didik dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 1 Angkona yang berjumlah 15 peserta didik. Guru dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan respon peserta didik Pada pelaksanaan siklus I mengalami peningkatan, yaitu pada kategori respon aktif 86,25 %, kerjasama 82,5 %, kreatif 78,75 %, mandiri 75,75 % dan kritis 78,75 %. Begitupun dengan hasil penelitian kesesuaian rancangan dengan pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I terdapat 88 % yang tercapai Selanjutnya pada siklus II rancangan kegiatan pembelajaran yang telah direncanakan 100 % tercapai atau terlaksana. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Card Sort dapat dikatakan sangat efektif dalam pembelajaran Sujud Sahwi, Sujud Syukur dan Sujud Tilawah pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Angkona Kabupaten Luwu Timur.