PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENYAMBUT USIA BALIG

Authors

  • Muhajir Pagiling UPT SPF SDN 11 Kalumeme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menyambut Usia Balig  dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Partisipan dalam penelitian ini adalah 21 siswa di UPT SPF SD Negeri 11 Kalumeme . Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa di UPT SPF SD Negeri 11 Kalumeme dengan nilai rata-rata kelas 78 pada siklus I (peningkatan 76 %) dan 83  pada siklus II (peningkatan 95 %). Dengan demikian Penggunaan Mind Mapping pada Menyambut Usia Balig pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-03-01