PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI Q.S. AN-NISAA AYAT 59 DAN QS. AN-NAHL AYAT 64

Authors

  • Hamdana Hamdana Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Q.S. An-Nisaa: 4/59 dan Q.S. An-Nahl: 16/64 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPN 2 Bua Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Q.S. An-Nisaa: 4/59 dan Q.S. An-Nahl: 16/64. Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa (30,76%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 61,92. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 9 siswa (43%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67,50 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (76%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-03-01