MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PUASA RAMADHAN MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Alvinje Larumunde SDN Inpres 6/84 Kakenturan
  • Suriyati Akibun MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo

Abstract

Proses pembelajaran membutuhkan metode pembelajaran yang menyenangkan, agar materi pembelajaran mudah untuk dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode make a match di Kelas V SDN Inpres 6/84 Kakenturan tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas V SDN Inpres 6/84 Kakenturan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil observasi guru dan hasil observasi siswa di setiap siklusnya.    Meningkatnya rata-rata nilai yang dicapai siswa dari pre test mencapai 63,45 (pre test sebelum menggunakan metode make a match pada siklus I meningkat menjadi 70,34 (setelah menggunakan metode make a match). Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi 89.50. Hasil temuan penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar setelah menggunakan metode make a match.

Published

2023-01-07