PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PESAN POKOK ALQUR’AN SURAH AL-HUJARAT AYAT 13

Authors

  • Agus Agus SD Inpres Sarjo
  • Sutarjo Paputungan Mts.N 1 Kota Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "pesan pokok al-qur'an surah Al-Hujarat ayat 13" pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Picture and Picture. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah fase B2 SD Inpres Sarjo tahun 2022-2023 yang terdiri dari 13 siswa. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "pesan pokok al-qur'an surah Al-Hujarat ayat 13". Hal ini terlihat pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat 78,07 kemudian pada siklus II meningkat 83,55. Dengan demikian, hasili belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25,48% pada siklus II. Di samping itu, metode ini juga menunjukan bahwa siswa merasa senang saat proses pembelajaran yang tampak pada keaktifan peserta didik dalam menjawab ayat dan arti surah Al-Hujarat. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2023-01-03