UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 BITUNG

Authors

  • Harisah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sejarah Masuknya Islam di Indonesia melalui penerapan metode diskusi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bitung dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari 72,7 pada pra-siklus menjadi 80,5 pada siklus kedua. Selain itu, metode diskusi terbukti efektif meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode diskusi dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-06-30