MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGHINDARI NARKOBA MELALUI MODEL DIFERENSIASI BASED LEARNING

Authors

  • Siti Maryam Kule

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Menghindari Narkoba" melalui penerapan model Diferensiasi Based Learning (DBL) di kelas XI SMA Negeri 1 Bulango Ulu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI, dengan jumlah peserta didik sebanyak 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model DBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus pertama, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik mencapai 62%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkat, dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 94%. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas model Diferensiasi Based Learning dalam memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model DBL dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Menghindari Narkoba." Rekomendasi diberikan kepada guru untuk mengimplementasikan model ini pada materi lainnya yang relevan.

Downloads

Published

2024-06-30