MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI AKU ANAK SALEH MATA PELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi aku anak saleh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Problem Solving. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah fase C kelas V SDN 5 Bone yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Solving berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi aku anak saleh. Sebelum diterapkannya metode Problem Solving (Pra Siklus) secara klasikal hanya 3 peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 45,13. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70,83 dan pada siklua II terjadi peningkatan sebanyak 12 peserta didik tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82,02. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dan berpikir kritis dalam proses pembelajaran.