MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AYAT AL-QUR'AN DENGAN METODE CALLIGRAPHER
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik pada materi Q.S. Al-Baqarah 155-156 melalui penerapan metode Calligrapher. Metode Calligrapher merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada seni menulis indah dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf Arab sesuai dengan tajwid dan estetika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII-B SMA Negeri 1 Suwawa yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes kemampuan menulis, dan angket tanggapan siswa terhadap metode yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Calligrapher secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, baik dari segi ketepatan penulisan huruf, keindahan tulisan, maupun pemahaman terhadap isi kandungan Q.S. Al-Baqarah 155-156. Selain itu, peserta didik menunjukkan peningkatan motivasi dan antusiasme dalam belajar, serta mampu mengintegrasikan makna ayat yang dipelajari ke dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, metode Calligrapher dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis ayat Al-Qur'an di kelas XII-B SMA Negeri 1 Suwawa.