PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ETOS KERJA MELALUI PENDEKATA SAINTIFIK DIKELAS X2 SMAN 1 BONEPANTAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X.2 SMA Negeri 1 Bonepantai dengan menggunakan metode discovery learning dan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa sebelum penelitian, hasil belajar siswa belum optimal dengan hanya 38,4% siswa yang tuntas belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan tes hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, penerapan metode discovery learning menunjukkan peningkatan dengan 62% siswa tuntas, meskipun belum mencapai target ketuntasan yang diinginkan. Pada siklus kedua, perbaikan dilakukan dengan meningkatkan pendekatan personal dan variasi metode pembelajaran, yang menghasilkan 100% siswa tuntas, dengan nilai rata-rata siswa mencapai 82,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery learning dan pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka, meskipun masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk mempertahankan konsentrasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bonepantai.