MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SUJUD MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SATAP SUWAWA TIMUR

Authors

  • Abdulrahman Ibrahim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep dan praktik sujud dalam ibadah shalat. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan 15 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satap Suwawa Timur. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan kognitif dan praktis siswa, dengan hasil belajar meningkat dari rata-rata 75 pada siklus pertama menjadi 88,66 pada siklus kedua. Seluruh siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal pada akhir siklus kedua. Penelitian ini menegaskan efektivitas PBL dalam mendorong pembelajaran aktif dan aplikasi praktis dalam pendidikan agama Islam.

Downloads

Published

2024-06-30