MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KURANGNYA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi pemahaman surah Al-Hujurat ayat 13 melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL) di SDN 6 Kabila Bone. Berdasarkan pengamatan awal, ditemukan bahwa motivasi belajar peserta didik masih rendah, terutama dalam memahami materi surah Al-Hujurat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PBL secara signifikan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada siklus pertama, motivasi peserta didik meningkat menjadi 70%, dan pada siklus kedua mencapai 90%. Penerapan PBL yang melibatkan diskusi kelompok dan pemecahan masalah berbasis kehidupan nyata membuat peserta didik lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Dengan demikian, metode PBL terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi surah Al-Hujurat ayat 13. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PBL dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.