MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ASMAUL HUSNA MELALUI METODE MAKE A MATCH

Authors

  • Hardiana Latif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN 5 Bulango Ulu terhadap materi Asmaul Husna melalui penerapan metode Make a Match. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, tes formatif, dan refleksi dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make a Match mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Pada tahap pra siklus, hanya 55% siswa yang mencapai nilai tuntas. Setelah penerapan metode Make a Match pada Siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 75%, dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 90%. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas metode Make a Match dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, metode Make a Match merupakan alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, khususnya pada materi yang membutuhkan interaksi aktif dan penerapan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merekomendasikan adaptasi metode Make a Match untuk pembelajaran lain di tingkat pendidikan dasar.

Downloads

Published

2024-04-20