MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ADZAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH

Authors

  • Sumiati Larau SDN No. 84 Sipatana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Adzan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui strategi Index Card March. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model Curt Lewwin. Subjek dari penelitian ini adalah fase A SDN No. 84 Sipatana Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Market Place Activity berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Adzan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi Index Card Match pada mata pelajaran PAI materi adzan kelas II SDN NO. 84 Sipatana dapat meningkatkan aktivitas guru dengan nilai 78 (Cukup) pada siklus I menjadi 97 (sangat baik) pada siklus II. 2) Aktivitas siswa dengan perolehan nilai 73,07 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 90,38 (sangat baik) pada siklus II. 3) Peningkatan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 69,62 pada siklus I meningkat menjadi 82,8 pada siklus II. 4) Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 41,6% (kurang sekali) meningkat menjadi 87,5% (kategori sangat baik) pada siklus II.

Downloads

Published

2024-04-20