UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TATA CARA PENGURUSAN JENAZAH DI KELAS XI APHP SMKN 1 BONE RAYA

Authors

  • Maria Ulfa Taib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "tata cara pengurusan jenajah " melalui penerapan PJBL di kelas X SMK Negeri 1 Bone Raya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X, dengan jumlah peserta didik sebanyak 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PJBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus pertama, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik mencapai 62%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua, rata-rata nilai meningkat, dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 94%. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas model PJBL dalam memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa model PJBL dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Menghindari Narkoba". Rekomendasi diberikan kepada guru untuk mengimplementasikan model ini pada materi lainnya yang relevan.

Downloads

Published

2024-04-20