PENERAPAN MODEL PROBLEM BASEDLEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM

Authors

  • Fika Magfira Polamolo SMAN 1 Kabila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Qur’an sebagai Sumber Hukum Islam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase E SMA Negeri 1 Kabila Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik secara signifikan. Rata-rata nilai pretest peserta didik adalah 48.3, yang menunjukkan pemahaman awal yang rendah, namun setelah implementasi metode PBL, rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 69 pada siklus I dan 88 pada siklus II, dengan 100% peserta didik mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada siklus II. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan dalam pendidikan agama Islam di masa depan.

Downloads

Published

2024-04-20