MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI SURAH AL-MAUN

Authors

  • Dewi Wahyuni Ayuba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN 16 Limboto Barat, khususnya dalam mempelajari materi Surah Al-Maun, melalui penggunaan media audio visual. Latar belakang masalah yang dihadapi adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 88 (baik), dan meningkat menjadi 92 (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 76 (cukup), dan meningkat menjadi 91 (sangat baik) pada siklus II. Selain itu, minat belajar siswa yang pada siklus I tercatat 51 (kurang), meningkat menjadi 91 (sangat baik) pada siklus II. Secara keseluruhan, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan signifikan, dari 68,20% menjadi 85,6%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2024-04-20