PENERAPAN STRATEGI STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI ASMAUL HUSNA(AL-ALIM,AL-KHABIR, AS-SAMI, AL- BASIR)PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Authors

  • Sudarin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII SMP terhadap materi Asmaul Husna (Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, Al-Basir) melalui penerapan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi STAD secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Asmaul Husna dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep keagamaan merupakan tujuan penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VII SMP terhadap materi Asmaul Husna (Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, Al-Basir). Desain penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design digunakan untuk membandingkan pemahaman siswa yang diajar menggunakan STAD dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan STAD memiliki peningkatan pemahaman yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa STAD dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran agama Islam, khususnya materi Asmaul Husna.

Downloads

Published

2024-04-20