PENERAPAN MOTODE PEMBELAJARAN TALQĪN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 MOOTILANGO
Abstract
meningkatkan hafalan surah surah pendek peserta didik pada mata pelajaran idealnya dimulai dari pembenahan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Pembenahan pembelajaran tersebut dibutuhkan suatu metode yang dapat meningkatkan hafalan peserta didik. Maka peneliti perlu melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Talqin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). PTK adalah suatu bentuk penelaah penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat mmemperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: tes, observasi, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas 1 SD Negeri 2 Mootilango, dalam penerapan Metode Talqin untuk meningkatkan hafalan surah surah pendek pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan metode Talqin yang dipilih oleh peneliti pada Peserta Didik memiliki dampak positif dalam meningkatkan hafalan surah surah pendek Peserta Didik. Hal ini terlihat dari hasil presentasi hafalan surah-surah pendek Peserta didik pra siklus atau sebelum siklus 1 tergolong kurang baik dengan persentase 40 % . namun setelah penerapan Metode Talqin hafalan surah-surah pendek peserta didik meningkat menjadi 66,67 % dengan kategori cukup. Sama halnya dengan siklus 2 meninkat menjadi 86,67 % dengan kategori baik. Penerapan metode pembelajaran Talqin dapat meningkatkan hafalan surah surah pendek Peserta Didik kelas 1 SD Negeri 2 Mootilango. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Presentasi siklus 1 sampai dengan Siklus 2.