PENERAPAN MEDIA PUZZLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 21 LIMBOTO
Abstract
Pendidikan merupakan faktor utama dalam membentuk karakter dan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal, perlu adanya upaya yang maksimal dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh guru di sekolah dasar adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik. Motivasi yang rendah menyebabkan proses pembelajaran tidak berjalan efektif dan hasil belajar yang dicapai juga kurang maksimal. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SDN 21 Limboto, diketahui bahwa sebagian besar peserta didik kelas IV menunjukkan minat yang rendah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Mereka lebih memilih untuk bermain atau berbicara dengan teman sebangkunya selama pelajaran berlangsung. Berdasarkan masalah yang ada, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul "Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Kelas IV melalui Media Puzzle di SDN 21 Limboto". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran yang dianggap kurang diminati oleh peserta didik. Diharapkan, dengan menggunakan media puzzle, motivasi belajar peserta didik dapat meningkat, sehingga mereka menjadi lebih aktif, tertarik, dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.