MENINGKATKAN HAFALAN SURAH-SURAH PENDEK MELALUI METODE GALERY WALK PADA PESERTA DIDIK
Abstract
Pembelajaran yang efektif memerlukan kolaborasi aktif antara guru dan siswa serta pemanfaatan berbagai potensi yang ada, termasuk metode yang digunakan. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi hafalan surah pendek, metode konvensional sering kali menyebabkan siswa merasa bosan dan kesulitan dalam menghafal. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan metode Gallery Walk dalam meningkatkan hafalan surah-surah pendek pada siswa kelas 2 SDN 7 Tilango. Metode Gallery Walk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan memungkinkan siswa bergerak antara stasiun untuk mempelajari materi secara lebih menyenangkan dan kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Gallery Walk dapat meningkatkan motivasi dan hafalan surah-surah pendek siswa serta memperdalam pemahaman mereka terhadap makna surah. Metode ini juga meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. Dengan demikian, Gallery Walk menjadi alternatif metode yang efektif untuk pembelajaran hafalan dalam konteks Pendidikan Agama Islam.