MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IMAN KEPADA HARI AKHIR MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Iman kepada Hari Akhir melalui penggunaan media video pembelajaran. Permasalahan yang diidentifikasi adalah rendahnya hasil belajar siswa karena materi yang bersifat abstrak dan kurangnya inovasi media pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart dilakukan di kelas V SDN 8 Tabongo. Penelitian mencakup dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (pretest dan posttest), observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 69,7% pada pra-siklus menjadi 77% pada siklus pertama. Penggunaan media video pembelajaran terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep abstrak, meningkatkan minat, dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Studi ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan metode pembelajaran berbasis teknologi.