PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATCHING PAIRS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI RUKUN ISLAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran Matching pairs pada materi Rukun Islam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase A Kelas 1 SDN 2 Asparaga tahun ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Matching Pairs berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Rukun Islam. Sebelum diterapkannya model Matching Pairs hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 6 peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 57.2 . Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (66%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 peserta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 96. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.