IMPLEMENTASI TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KETENTUAN SUJUD

Authors

  • Maryam Wadia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Talking Stick dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi ketentuan sujud di kelas VII SMP Negeri 3 Limboto Barat. Metode ini dipilih karena potensi interaksinya yang tinggi dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan melalui dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, rata-rata nilai aktivitas peserta didik mencapai 82%, dengan 67% peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Setelah perbaikan dilakukan, siklus kedua menunjukkan peningkatan signifikan, di mana rata-rata nilai aktivitas peserta didik mencapai 96% dan semua peserta didik berhasil memenuhi KKM. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan metode Talking Stick secara efektif dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Diharapkan, metode ini dapat terus diterapkan dan dikembangkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan inklusif.

Downloads

Published

2024-02-20