MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL
Abstract
Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman spiritual dan moral siswa. Namun, metode pembelajaran tradisional yang masih banyak digunakan, seperti ceramah, kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna di kelas V SDN 11 Batudaa Pantai. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan 10 siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta wawancara, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, dengan peningkatan nilai rata-rata dari 74,75 pada pra-siklus menjadi 85 pada siklus II, serta peningkatan tingkat ketuntasan dari 40% menjadi 90%. Selain itu, observasi menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam diskusi kelompok meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, yang mengindikasikan bahwa metode ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Guru juga mengalami peningkatan dalam memfasilitasi diskusi, membimbing siswa, dan memberikan umpan balik konstruktif. Temuan penelitian ini berkontribusi dalam memperluas pemahaman mengenai efektivitas PBL dalam pembelajaran agama Islam, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih interaktif.