PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Pendekatan pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pendidikan berbasis keterampilan, terutama dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penyembelihan hewan qurban dan akikah di SMP Negeri 5 Satu Atap Tilamuta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain dua siklus, yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam setiap tahapannya. Sampel penelitian terdiri dari 15 siswa kelas IX, yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar (pre-test dan post-test), observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan PBL dalam Siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat dari 62.4 ke 74.13, dengan tingkat ketuntasan 73.33%. Pada Siklus II, setelah perbaikan strategi pembelajaran dengan optimalisasi diskusi kelompok, penggunaan E-LKPD berbasis barcode, dan peningkatan apresiasi terhadap partisipasi siswa, nilai rata-rata siswa meningkat lebih lanjut menjadi 84.67, dengan 100% siswa mencapai KKM. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaran meningkat secara signifikan, dengan partisipasi dalam diskusi meningkat dari 66% menjadi 91%, dan keberanian siswa dalam bertanya naik dari 52% menjadi 82% setelah penerapan strategi pembelajaran yang lebih interaktif. Temuan ini menegaskan bahwa Problem-Based Learning (PBL) dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar, keterlibatan siswa, serta keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi, yang merupakan kompetensi penting dalam pendidikan abad ke-21.