MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI IMAN KEPADA ALLAH MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN 15 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bagaimana penerapan metode kontekstual dan pembelajaran yang konvensional. Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas I SD Negeri 15 Limboto Kabupaten Gorontalo pada mata pelajaran PAI dengan materi Iman Kepada Allah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang berkenaan dengan peningkatan minat belajar yakni pada siklus I hasil pengamatan diperoleh data tingkat minat belajar peserta didik masih rendah yakni hanya mencapai 50% dengan kriteria masih cukup baik. Peningkatan tersebut seperti rasa keteratarikan pada mata pelajaran atau materi dan partisipatif mencapai nilai 50%, namun pada indikator perhatian dan kesungguhan memperoleh skor yang baik dengan hasil prosentase sebesar 50%. Sementara untuk hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata rata-rata 71, dengan prosentase ketuntasa mencapai 76% atau 11 orang sementara siklus II nilai rata-rata mencapai 80.