MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE MAKE A MATCH

Authors

  • Fatmawati Lintuhaseng SD Negeri Paruruang

Abstract

Pembelajaran yang efektif sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada materi yang memerlukan pemahaman abstrak seperti Asmaul Husna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Paruruang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi serta data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Make A Match meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa dari 53 pada pra-siklus menjadi 85 pada Siklus 2, dengan tingkat ketuntasan mencapai 100%. Selain itu, keterlibatan siswa dalam pembelajaran juga meningkat signifikan, terlihat dari indikator partisipasi, kerja sama, dan konsentrasi siswa yang berada pada kategori sangat baik pada Siklus 2. Guru juga mengalami peningkatan dalam menyampaikan materi, memotivasi siswa, dan menggunakan media pembelajaran secara efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur mengenai pembelajaran berbasis aktivitas, khususnya dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Implikasi praktisnya, metode Make A Match dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif. Studi ini merekomendasikan eksplorasi lebih lanjut terhadap penerapan metode serupa pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau mata pelajaran lain untuk memperkuat generalisasi hasil.

Downloads

Published

2023-12-30