PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Q.S. Al-Hujurat ayat 13 di kelas IV SDN 1 Kosio. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai meningkat dari 65,57 pada pra tindakan menjadi 72,86 pada Siklus I, dan 82,14 pada Siklus II, dengan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 29% menjadi 86%. Metode Talking Stick juga meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam diskusi kelompok dan rasa percaya diri mereka dalam menyampaikan pendapat. Observasi menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan peserta didik, yang mencerminkan keberhasilan implementasi metode ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode Talking Stick efektif tidak hanya dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, tetapi juga dalam membangun kerja sama, kepercayaan diri, dan pemahaman nilai-nilai moral dalam pendidikan agama Islam. Implikasinya, metode ini dapat menjadi alternatif inovatif untuk pembelajaran interaktif di kelas.