MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR AUDIO VISUAL

Authors

  • Maspa Ismail SD Negeri 5 Pulubala

Abstract

Pembelajaran yang efektif menuntut pendekatan inovatif yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, khususnya pada materi yang bersifat abstrak seperti puasa dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media audio-visual dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 3 di SD Negeri 5 Pulubala. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbasis model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, angket minat belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada minat belajar siswa, dari kategori "baik" sebesar 50% pada siklus I menjadi kategori "sangat baik" sebesar 75% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 72,00 pada siklus I menjadi 80,25 pada siklus II, dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 100%. Penggunaan media audio-visual memungkinkan siswa untuk memahami materi dengan lebih konkret, meningkatkan keterlibatan aktif, dan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna.

Downloads

Published

2023-12-30