MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BERBAKTI KEPADA ORANG TUA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pada mata pelajara PAI materi Berbakti kepada orang tua dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik kelas III SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 25 Limboto Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Probelm Based Learning, maka hasil belajar peserta didik meningkat dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari rendahnya nilai pra siklus pada peserta didik yang berjumlah 10 orang hanya mencapai nilai rata-rata 62,50 dengan jumlah peserta didik yang tuntas hanya 1 orang saja. Pada saat dilaksanakan tindkaan siklus I terjani peningkatan hasil belajar menjadi 71,00 dengan jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar berjumlah 6 orang, hal ini karena aktivitas guru selama pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning sudah mulai ada peningkatan. Pada tindakan siklus II hasil belajar peningkatan hasil belajar menjadi lebih meingkat dengan nilai rata-rata mencapai 81,00 denga ketuntasan belajar yang maksimal.