MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Q.S. AL-MA'UN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS 5 SDN 1 TELAGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 5 SDN 1 Telaga. Teori yang dipakai terdiri dari teori model pembelajaran PBL dan teori hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas 5 tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian pada siklus I, hasil lembar observasi aktivitas guru mencapai kategori kurang baik dengan jumlah persentase pada pertemuan pertama sebesar 40% sedangkan pada pertemuan kedua sebesar 66,67%, dan untuk lembar observasi aktivitas siswa juga tergolong kurang baik yaitu dengan jumlah persentase pada pertemuan pertama sebesar 43,33% dan pertemuan kedua sebesar 63,33%. Sedangkan untuk hasil kemampuan membaca Al-Qur’an siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 65,26%. Sedangkan pada siklus II hampir semua deskriptor terlaksana dengan baik dan indikator aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik. Setelah diadakan siklus II diperoleh nilai aktivitas guru pada pertemuan pertama sebesar 86,67% dan pada pertemuan kedua sebesar 93,33%. Selanjutnya untuk lembar observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 76,67% dan pada pertemuan kedua sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil kemampuan membaca Al-Qur’an mencapairata-rata sebesar 81,84 dengan persentasi ketuntasan klasikal sebesar 94,74%. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 5 SDN 1 Telaga mengalami peningkatan yang maksimal dibandingkan pada siklus sebelumnya.