UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERISTIWA FATHU MAKKAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar PAI materi Fathu Makkah pada peserta didik kelas V SDN 13 Tolangohula Kabupaten Gorontalo melalui penerapan metode Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SDN 13 Tolangohula Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari hasil penelitian mulai dari prencanaan sampai dengan pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mata pelajaran PAI materi Fathu Makka di kelas V SD Negeri 13 Tolangohula Kabupaten Gorontalo dapat ditingkat dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik pada tindakan siklus I yang hanya memperoleh total nilai 855 dengan rata-rata 71,25 dengan ketuntasan belajar peserta didik mencapai 58%. Setelah diadakan perbaikan model pembelajaran Problem Based Learning berdasarkan kekurangan pada siklus I maka peningkatan hasil belajar sudah sesuai dengan target yakni total nilai mencapai 966 dengan nilai rata-rata sebesar 80,50 sementara kriteria ketuntasannya mencapai 100%.