PENERAPAN STRATEGI JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI QADAR DAN QADAR

Authors

  • Supiani SDIT Lukmanul Hakim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI melalui penerapan strategi jigsaw. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas di kelas VI SDIT Lukmanul Hakim. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan memenuhi KKM. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari setiap siklus, pada pra siklus rata-rata nilai ketuntasan belajar klasikal peserta didik 73,4 (5 peserta didik) dengan persentase 33,33%, pada siklus I rata-rata nilai ketuntasan belajar klasikal peserta didik 75,93 (7 peserta didik) dengan persentase 46,67% dan pada siklus II jumlah rata-rata nilai ketuntasan belajar klasilal peserta didik adalah 92,2 (13 peserta didik) dengan persentase 86,67%. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi jigsaw dapat dipertimbangkan dalam memperbaiki kualitas pembelajaran PAI dengan memperhatikan karakteristik peserta didik dan materi yang diajarkan, sehingga hasil penelitian ini berkontribusi pada altenatif strategi pengajaran yang dapat dijadikan sebagai solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-30