PENERAPAN METODE DISKUSI KOLABORATIF DALAM MENINGKAT HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CABANG IMAN

Authors

  • Eka Melanti H. Eyato SMA Negeri 1 Telaga Biru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Cabang Iman melalui metode diskusi kolaboratif pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 17 peserta didik kelas XI, dengan fokus pada pemahaman nilai-nilai memenuhi janji, mensyukuri nikmat, menjaga lisan, dan menutup aib orang lain.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada rata-rata nilai peserta didik, dari 63 pada pra-siklus menjadi 72,64 pada siklus pertama, dan mencapai 88,23 pada siklus kedua. Persentase ketuntasan juga meningkat dari 29% pada pra-siklus menjadi 88% pada siklus kedua. Metode diskusi kolaboratif terbukti meningkatkan partisipasi aktif, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan kerja sama peserta didik. Dukungan guru sebagai fasilitator serta penggunaan sumber belajar yang relevan memainkan peran penting dalam keberhasilan metode ini.Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan strategi pembelajaran berbasis kolaborasi dalam Pendidikan Agama Islam, dengan menekankan pentingnya pendekatan partisipatif dalam meningkatkan hasil belajar dan membangun karakter siswa.

Downloads

Published

2023-12-30