MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA MATERI MENYAYANGI ANAK YATIM

Authors

  • Muhammad Yasir Lamaniti SDN 1 Minanga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "menyambut usia baligh" mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Reciprocal Learning. Penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah fase B kelas V SDN 1 Minanga Tahun 2022 yang terdiri dari 10 peserta didik. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Reciprocal Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "menyambut usia baligh". Hal ini terlihat pada siklus I, hasil belajar belajar peserta didik meningkat 61,90 (sedang)sedangkan siklus II meningkat 76,86 (tinggi). Dengan demikian, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 28,05 dari 48,81 (kondisi awal), dan sebesar 14, 96 dari 61,90 (siklus I). Di samping itu, metode ini juga menambah keaktifan dan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Experiental Learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-05