MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA MATERI TELADAN MULIA ASMAUL HUSNA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS IV SDN 7 BINTAUNA
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk melihat penerapan metode pembelajaran Index Card Match Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Teladan Mulia Asmaulhusna. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini adalah 1). Perencanaan 2). Pelaksanaan tindakan 3). Observasi dan evaluasi dan 4). refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 7 Bintauna semester Genap 2022/2023 yang berjumlah 19 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran Index Card Match dalam meningkatakan hasil belajar PAI kelas IV SD Negeri 7 Bintauna, untuk hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan hal tesebut dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II, yang mana ketuntasan siswa pada siklus I termasuk kriteria tinggi (72,5%) dan pada pertemuan 2 termasuk kriteria sangat tinggi (79,13%). Secara umum aktivitas siswa pada pelaksanaan tindakan pembelajaran siklus I termasuk dalam kriteria sangat tinggi (75,81%). Dan pada siklus II sudah berada pada kriteria aktivitas yang sangat tinggi yaitu meningkat 6,13%. Aktivitas siswa meningkat dari 75,81% pada siklus I menjadi 81,94% pada siklus II. Kriteria aktivitas yang sangat tinggi menunjukkan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sudah meningkat hasil pembelajarannya karena mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.