PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QEUSTIONS STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ZAKAT DI KELAS V SDN 13 BINTAUNA
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk melihat penerapan model pembelajaran Qeustions Student Have Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Zakat. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini adalah 1). Perencanaan 2). Pelaksanaan tindakan 3). Observasi dan evaluasi dan 4). refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 13 Bintauna semester Genap 2022/2023 yang berjumlah 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Qeustions Student Have dalam meningkatakan hasil belajar PAI kelas V SD Negeri 13 Bintauna, untuk hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan hal tesebut dapat dilihat dari hasil pembelajaran pada siklus I dan siklus II, yang mana ketuntasan siswa pada siklus I yang di atas KKM berjumlah 10 siswa (67%) siswa yang belum tuntas dibawah KKM berjumlah 5 siswa (33%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Belum meningkat jika dibandingkan dengan nilai dari Pra Siklus. Sedangkan pada pembelajaran ketuntasan siswa pada siklus II yang di atas KKM berjumlah 12 siswa (80 %) dan siswa yang belum tuntas dibawah KKM berjumlah 3 siswa (20%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sudah meningkat hasil pembelajarannya karena mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75 % karena ketuntasan hasil belajar mencapai 80%. hal tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus.