MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC,AUDITORY,VISUAL,INTELLECTUAL)PADA MATERI SHOLAT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SMP N 14 BOLAANG MONGONDOW UTARA

Authors

  • Elsa Timumu SMP N 14 Bolmut

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat penerapan metode pembelajaran SAVI (Somatic,Auditory,Visual,Intellectual) pada materi sholat mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini adalah 1). Perencanaan 2). Pelaksanaan tindakan 3). Observasi dan evaluasi dan 4). refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP N 14 Bolaang Mongondow Utara  semester Genap 2022/2023. implementasi metode SAVI ( Somatic, Auditori, Visual, Intelectual) pada proses pembelajaran Materi Sholat (PA) di SMP N 14 Bolaang Mongondow Utara telah membawa perbaikan yang signifikan pada motivasi belajar siswa. Siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan minat, semangat, dan keterlibatan siswa secara berarti. Metode SAVI ( Somatic, Auditori, Visual, Intelectual) terbukti efektif dalam mengatur pembelajaran, memungkinkan siswa berkontribusi secara aktif dan mendalam dalam memahami materi PAI. Peningkatan disiplin dan keteraturan siswa dalam mengikuti pelajaran juga merupakan hasil positif dari penerapan metode ini. Kesimpulan ini menggambarkan bahwa SAVI ( Somatic, Auditori, Visual, Intelectual) bukan hanya menjadi metode pengajaran, melainkan juga strategi pembelajaran yang mampu memacu partisipasi aktif dan tanggung jawab siswa, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan bermakna.

Downloads

Published

2024-02-05