MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERT ADIDIK MELALUI METODE THINK TALK WRITE PADA MATERI SEBAB-SEBAB HALAL DAN HARAM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Pendidikan adalah upaya yang memang secara sadar terencana yang dilakukan melalui proses untuk mengembangkan potensi dasar secara jasmani dan rohani agar bisa menggapai segala tujuan. Guru sebagai ujung tombak proses pendidikan, memegang peranan besar dan posisi menentukan bagi keberhasilan pembelajaran, sedangkan proses. pembelajaran, merupakan salah satu sistem interaksi edukatif dalam menentukan kualitas dan keberhasilan suatu pendidikan. Dalam praktik, meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep Sebab-Sebab Halal dan Haram dalam mata pelajaran ini sering kali menjadi tantangan. Berbagai faktor mungkin memengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik, seperti metode pengajaran yang kurang efektif, ketidakaktifan peserta didik dalam pembelajaran, serta kurangnya penerapan metode yang menarik dan berinteraksi. Model pembelajaran "Think Talk Write" (TTW) mungkin menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan ini. Model TTW mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis tentang materi yang diajarkan, berbicara dengan rekan- rekan mereka untuk berbagi ide, dan menulis secara reflektif tentang konsep yang dipelajari. Pendekatan ini memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan merangsang pemikiran kritis.