PENGGUNAAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEJARAH BERDIRINYA BANI UMAYYAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta Didik melalui Penggunaan Media Kartu Domino pada materi Sejarah berdirinya Bani Umayyah mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VII SMPN 13 Bolaang Mongondow Utara. Metode Kartu Domino merupakan media pembelajaran yang proses pembelajarannya langsung dirasakan oleh peserta didik Dimana penerapannya dengan mencocokan pertanyaan dan jawaban yang ada sehingga dapat melatih peserta didik untuk menganalisis dan membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran dengan saling bekerjasama dalam sebuah kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian Tindakan kelas (PTK) selama dua siklus. Subjek Penelitian adalah peserta didik Kelas VII SMPN 13 Bolaang Mongondow Utara yang terdiri dari sejumlah peserta didik. Data mengenai hasil belajar peserta didik diukur untuk melihat dampak penerapan Metode Kartu Domino terhadap pencapaian hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan dimana Penggunaan media kartu domino dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 13 Bolaang Mongondow Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 dibuktikan dengan Nilai rata-rata tes awal adalah 30,76 % yang tuntas mengalami peningkatan pada tes siklus 1 menjadi 61,53 % dan mengalami peningkatan juga pada tes siklus 2 yaitu 84,61 %. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Kartu Domino dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Pelajaran Agama Islam, khususnya Materi Sejarah Berdirinya Bani Umayyah di Kelas VII SMPN 13 Bolaang Mongondow Utara