PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATERI MENGENAL RASUL ULUL AZMI KELAS V SDN 13 RIO PAKAVA
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Rasul Ulul Azmi melalui penerapan model pembelajran Kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SDN 13 Rio Pakava Kabupaten Donggala. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN13 Rio Pakava yang berjumlah 15 orang dan terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 13 Rio Pakava pada mata pelajaran Mengenal Rasul Ulul Azmi. hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan hasil observasi minat belajar siswa dari kondisi awal sebelum tindakan yaitu kategori sangat baik hanya 2 orang,kategori baik 2 orang,kategori cukup 4 orang dan kategori perlu bimbingan 7 orang . setelah pelaksanaan siklus 1 meningkat dari kategori sangat baik berjumlah 5 orang, kategori baik 4 orang,kategori cukup 2 orang dan perlu bimbingan 4 orang.Pada siklus I nilai rata-rata persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 75%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata persentase minat belajar siswa meningkat menjadi 98% dengan kategori sangat baik berjumlah 9 orang, kategori baik 5 orang dan kategori cukup 1 orang.