MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATERI AKHLAK TERPUJI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERMAIN PERAN PADA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat belajar siswa pada materi akhlak terpuji dapat ditingkatkan melalui teknik bermain peran pada siswa Kelas VI MIS Al-A’raf Dambalo. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitiannya adalah siswa di kelas VI MIS AL-A’RAF Dambalo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan teknik bermain peran terbukti berdampak baik bagi siswa serta dapat meningkatkann keaktifan belajar dengan presentase keaktifan belajar yang terus berkembang dan meningkat. Pada Pra Siklus siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal adalah 11 siswa dengan presentase 70,29%. Kemudian pada siklus 1 kriteria ketuntasan minimal adalah 11 siswa dengan presentase 74,11%. Sedangkan pada siklus II diman seluruh siswa yang berjumlah 11 siswa dengan presentase 100% mampu mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Mininmal (KKM).