MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN SUNAN KALIJAGA
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas VI MIN 5 Flores Timur, Kecamatan Solor Timur Kabupaten Flore Timur Nusa Tenggara Timur dengan menggunakan metode make a match. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan Subyek penelitian ini adalah siswa di kelas 1SDN 83 Sipatana yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase ketuntasan belajar dan data observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media make a match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada Sunan Kalijaga dikelas kelas VI MIN 5 Flores Timur Desa Wato Buku kecamatan Solor Timur kabupaten Flores Timur NTT yang terbukti adanya peningkatan hasil penelitian pada setiap siklusnya. Peningkatan prestasi belajar siswa dimana pada pra siklus dengan rata-rata kelas 68,5 persentase ketuntasan 45 % mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata-rata kelas 75,6 , persentase ketuntasan 65 % dan pada siklus II dengan rata-rata kelas 78 persentase ketuntasan 98 %. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu ketuntasan di atas 90 %.