PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KALIMAT TAYYIBAH TA’AWUDZ MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan model Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Kalimat Tayyibah Ta'awudz di kelas II MIN 3 Konawe Selatan pada tahun pelajaran 2023/2024. Metode eksperimental dengan kelompok kontrol digunakan untuk mengumpulkan data, dan hasil analisis menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep dan partisipasi aktif peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Index Card Match. Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe- tipe Index Card Match pada Materi Kalimat Tayyibah Ta’awudz untuk setiap siklusnya berada pada kategori Baik, yang mana disebutkan pada siklus I dengan Nilai rata-rata 80,35%, dan pada Siklus II dengan nilai rata-rata 82%. Aktivitas pesertadidik pada saat penerapan model pembelajaran aktif tipe-tipe Index Card Match pada Materi Kalimat Tayyibah Ta’awudz adalah efektif, yang mana pada siklus I dengan nilai rata- rata 78,57%, dan pada siklus II dengan Nilai rata-rata 82%. Hasil belajar pesertadidik pada mata pelajaran Akidah Akhlak KelasII MIN 3 Konawe Selatan telah diterapkannya Model pembelajaran aktif Tipe-tipe Index Card Match pada Maateri Kalimat Tayyibah Ta’wudz kurang memadai fasilitas sarana pembelajarannya. Adapun Kelebihanya yaitu, Peserta didik Sangat semangat dan aktif.