IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SHALAT FARDU DI KELAS VII MTS SWASTA AL-HIJRAH DWIPAKARYA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masalah masih rendah nya pemahaman Peserta Didik dalam memahami konsep shalat fardu berdasarkan analisis hasil belajar peserta didik yang rendah di Kelas VII MTs.Swasta Al-Hijrah Dwipakarya, dan dalam menyampaikan pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran langsung (Diret Instruction). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Risearch)dengan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart, proses tindakan kelas meliputi : tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Setelah menerapkan model pembelajaran menggunakan media pembelajaran video, pada siklus I hasil belajar peserta didik meningkat dari data pra siklus yaitu peserta didik 4 (28,57%) menjadi 8 peserta didik (57,14%) yang tuntas, dan 6 peserta didik yang belum tuntas. Pada siklus II hasil belajar lebih meningkat menjadi 13 peserta didik (93%) yang tuntas, 1 peserta didik (7,%)yang belum tuntas. Dengan demikian data pra siklus terjadi peningkatan 9 peserta didik. Hasil penelitian diperoleh dengan menerapkan media pembelajaran berbasis video dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yaitu 93% peserta didik yang tuntas sudah tercapai melebihi target 85% sehingga pelaksanaan siklus tindakan selayaknya dihentikan.