MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SHOLAT JUM’AT MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS IV SDN 06 TOLANGOHULA
Abstract
Hari Jumat dalam Islam merupakan penghulunya hari (sayyidul ayyam) dan dianggap sebagai hari istimewa, hal ini karena Nabi Adam As diciptakan pada hari Jum’at serta dimasukkannya beliau ke dalam surga. Hari Jum’at juga diyakini sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa dan dosa-dosa diampuni hingga hari Jum’at berikutnya bila kita bertaubat dan memperbanyak membaca istighfar. Sehingga hikmah sholat Jum’at sangat besar sekali. Namun, realita yang terjadi banyak yang melaksanakan sholat tanpa melihat situasi dan kondisi. Tanpa memikirkan ibadahnya diterima atau tidak karena pelaksanaannya kurang tepat. Dikarenakan dalam satu kampung tersebut terlaksana dua sholat jum’at atau lebih. Sebenarnya, dalam syari’at islam sudah dijelaskan melalui karya-karya ulama klasik. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa pada materi sholat jum’at. Memberikan pemahaman tentang pentingnya Sholat Jum’at, dimana siswa perlu memahami bahwa Sholat Jum’at adalah ibadah wajib bagi umat Islam laki-laki yang telah baligh, berakal, dan mukim. Melaksanakan Sholat Jum’at secara rutin. Siswa perlu terbiasa melaksanakan Sholat Jum’at.