MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH DALAM MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS IV SDN 77 KENDARI

Authors

  • Siti Alfiah SDN 77 Kendari

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap tantangan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 77 Kendari dalam memahami materi Asmaul Husna. Latar belakang penelitian ini melibatkan kebutuhan untuk mencari metode pembelajaran yang inovatif dan efektif guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Make a Match pada materi Asmaul Husna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode tersebut dalam tiga siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap Asmaul Husna, tercermin dari peningkatan nilai rata-rata kelas secara konsisten. Dampak positif dari penerapan metode Make a Match melibatkan peningkatan motivasi siswa, partisipasi aktif dalam pembelajaran, dan pengenalan materi yang lebih mendalam. Hasil penelitian ini memiliki relevansi langsung dengan pertanyaan penelitian, menegaskan bahwa metode Make a Match efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna di kelas IV SDN 77 Kendari.

Downloads

Published

2023-11-28