PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 TALAGA JAYA PADA MATERI INDAHNYA SALING MENGHARGAI DALAM KERAGAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Talaga Jaya Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 10 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 67. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 15 peserta didik (75%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 peserta didik (85%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 76,25. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning pada materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.