MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI WUDHU DAN TAYAMMUM SISWA KELAS VIII MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SMP NEGERI 1 TANANTOVEA KABUPATEN DONGGALA
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanantovea Kab. Donggala pada materi wudhu dan tayammum. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanantovea pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 18 orang. Prosedur penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refleksi. Sumber data adalah guru dan peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan peserta didik. Faktor yang diselidiki yakni faktor peserta didik dan guru. Penelitian ini dianggap berhasil apabila memenuhi pencapaian presentase ketuntasan minimal 100% siswa memperoleh nilai ≥ 70, dan nilai rata-rata minimal 86,38. Hasil penelitian pada siklus I ini menunjukkan peningkatan di bandingkan pada tahap Pra siklus. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata hasil belajar siswa 71,27 dengan ketuntasan klasikal 50% Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa 72,44 dengan ketuntasan klasikal 77.77% Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 7% Meskipun ada peningkatan. Meskipun ada peningkatan, namun hasil dari siklus I belum memenuhi standar ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pada siklus II, peneliti dan guru kolaboran memfokuskan penelitian pada siswa yaitu hal-hal yang membatalkan wudhu dan tayammum yang dipresentasikan oleh siswa. Pada siklus II rata-rata hasil belajar 86,38 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 22,22% Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sudh memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti.